Search

25 Keluarga Terkaya di Amerika Serikat

loading...

NEW YORK - Amerika Serikat memiliki beberapa klan miliarder yang mengumpulkan kekayaan mereka dengan cara berbeda-beda. Seperti keluarga Hearst dan Newhouse yang membangun kekayaan dari bisnis penerbitan, keluarga Lauder yang meletakkan dasar kekayaan dari bisnis kosmetik, keluarga Pritzers dari bisnis perhotelan Hyatt dan Walton yang menciptakan kekayaan mereka dari usaha ritel.

Melansir dari Business Insider, Rabu (25/7/2018), keluarga superkaya di AS ini memulai usahanya dari wirausahawan dan sebagian adalah investor yang cerdas. Mengambil data dari Forbes dan Bloomberg, terdapat 25 keluarga superkaya di Amerika Serikat. Tolok ukurnya kekayaan bersih mereka dihitung mulai dari USD10 miliar atau setara Rp144,61 triliun (kurs Rp14.461 per USD). Siapa saja mereka?

25. Keluarga Gallo
Kekayaan bersih: USD10,7 miliar (Rp154,74 triliun)
Sumber kekayaan: E & J Gallo Winery
Kekayaan keluarga Gallo dibangun tiga bersaudara Ernest, Julio dan Joseph dengan mendirikan pabrik pembuatan anggur. Kini bisnisnya menjadi pembuatan anggur terbesar di dunia yang berpusat di Modesto, California.

Namun Joseph keluar dan mendirikan bisnis sendiri yang diteruskan oleh keturunannya, yaitu produk susu dan olahan susu yakni keju dengan bendera Joseph Gallow Cheese. Keturunannya juga menjalankan bisnis peternakan yaitu Joseph Farms. Sementara keturunan Ernest dan Julio menjalankan bisnis E & J Gallo Winery, yang menghasilkan pendapatan tahunan sekitar USD3,8 miliar dari bisnis wine dan liquor.

24. Keluarga Rockefeller

Kekayaan bersih: USD11 miliar
Sumber kekayaan: Standard Oil
John Davison Rockefeller merupakan miliarder pertama di Amerika Serikat setelah mendirikan Standard Oil pada tahun 1870, yang akhirnya menguasai sebagian besar pengilangan minyak di AS. Cucunya Nelson Rockefeller pernah menjadi Wakil Presiden AS ke-41 dengan masa jabatan 1974-1977. Sekarang, bisnis minyak dan gas dari keluarga ini terbagi diantara 174 anggota keluarga.

23. Keluarga Butt
Kekayaan bersih: USD11 miliar
Sumber kekayaan: H.E. Butt
Florence Butt mendirikan usaha kelontong dengan nama putranya Howard Edward Butt di Texas pada 1905. Setelah besar, Howard kemudian memperluas usaha dari sang ibu dengan mendirikan banyak jaringan toko di seluruh negara bagian Texas pada dekade 1920-an.

Howard lalu memberikan tagline tokonya Here Everything’s Better (H-E-B). Kemudian usahanya dilanjutkan oleh putranya, Charles dengan memperluas toko hingga 400 unit toko di Texas dan Meksiko dan menghasilkan USD25 miliar dalam penjualan tahunan. Keluarga Charles dan keponakannya kini mengendalikan saham dan bisnis tersebut.

22. Keluarga Mellon
Kekayaan bersih: USD11,5 miliar
Sumber kekayaan: Mellon Bank
Peruntungan keluarga Mellon berasal ketika Thomas Mellon berinvestasi di batubara dan real estat pada tahun 1860. Dia sukses besar dan menggunakan uangnya untuk berinvestasi membangun Mellon Bank. Dia lalu mewariskan kekayaan kepada anak-anaknya.

Anak-anaknya alias generasi kedua kemudian berinvestasi dengan membangun perusahaan bernama ALOCOA dan Gulf Oil (sekarang Chevron), dan berekspansi ke bisnis media dan industri kereta api. Bisnis ini sekarang dikelola oleh generasi ketiga.

21. Keluarga Marshall
Kekayaan bersih: USD12 miliar
Sumber kekayaan: Investasi
Kekayaan keluarga Marshall beragam. Didirikan James Howard Marshall II, seorang ahli hukum yang menjadi kaya setelah memperdagangkan saham Great Northern Oil Company sebesar 15% kepada Koch Industries. Kemudian ia membangun perusahaan investasi dan menyerahkan warisan kepada putranya Everett Pierce Marshall.

Keluarga ini sempat mengeluarkan uang jutaan dolar setelah sang pendiri, James Howard Marshall II bercerai dengan isteri ketiganya, mantan bintang majalah dewasa Playboy, Anna Nicole Smith.

20. Keluarga Brown
Kekayaan bersih: USD12,3 miliar
Sumber kekayaan: Brown-Forman Corp.
Keluarga Brown berada di belakang merek minuman alkohol Jack Daniel’s, Woodford Reserve dan Old Forester. Bisnis ini dibangun oleh George Garvin Brown pada tahun 1870 yang awalnya adalah penjual obat. Kini 25 anggota keluarga mewarisi dan memegang saham dari Brown-Forman Corp.

19. Keluarga Sackler
Kekayaan bersih: USD13 miliar
Sumber kekayaan: Purdue Pharma
Tiga bersaudara Sackler yaitu Arthur, Mortimer dan Raymond mendirikan pabrik obat bernama Purdue Pharma pada 1950-an. Bisnis mereka meroket seiring lakunya penjualan OxyContin (obat penghilang rasa sakit) di tahun 1995. Pada 2002, Purdue memperoleh pendapatan USD1,6 miliar dari penjualan obat penghilang rasa sakit.

Meski sempat mendapat gugatan hukum atas salah urus OxyContin, namun pada penjualan tahunan (year-on-year) 2017-2018, mereka menghasilkan pendapatan USD3 miliar. Dan sekitar 20 anggota keluarga Sackler saat ini mengendalikan seluruh kekayaan perusahaan.

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1325072/35/25-keluarga-terkaya-di-amerika-serikat-1532534067

Bagikan Berita Ini

0 Response to "25 Keluarga Terkaya di Amerika Serikat"

Post a Comment

Powered by Blogger.