Search

Menhub periksa kelaikan kapal penumpang

Pangkalpinang (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memeriksa kelaikan dan dokumen operasional kapal penumpang di Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk memastikan masyarakat mendapatkan moda transportasi yang aman dan nyaman.

"Saya lihat Pelabuhan Pangkalbalam dan kapal angkutan penumpangnya sudah bagus," kata Budi Karya Sumadi saat memantau kondisi dalam kapal penumpang di Pelabuhan Pangkalbalam, Rabu.

Saat ini aktivitas dari pulau ke pulau serta kota ke kota berjalan relatif lancar. Di satu sisi Kemenhub bertugas untuk memberikan pelayanan dan memastikan masyarakat mendapatkan moda transportasi yang aman dan nyaman.

"Saat ini kita lebih mengutamakan keselamatan. Bahkan ada pernyataan tertentu, lebih baik tidak pergi dari pada meski melepaskan nyawa," ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) lebih teliti dalam memberikan surat berlayar, kelayakan operasi kapal, alat keselamatan dan memastikan calon penumpang memiliki jaket pelampung. "Ini sebetulnya sederhana, tetapi dibutuhkan konsistensi dan ini sering dilanggar," katanya.

Menurut dia KSOP memiliki tanggung jawab besar. Jika mereka lalai mengakibatkan hilangnya nyawa orang maka hukumannya sangat berat.

"Saya minta KSOP, operator, nahkoda kapal taat asas dan peraturan. Peraturan ini harus dibaca, jadi tidak ada istilah mereka tidak mengetahui aturan tersebut," katanya. 

Baca juga: Alat keselamatan kapal penumpang harus ada
Baca juga: Menhub minta syahbandar pastikan penumpang kapal tercatat di manifes

 

Pewarta:
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Lagi Menhub periksa kelaikan kapal penumpang : https://ift.tt/2A8Jg4P

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menhub periksa kelaikan kapal penumpang"

Post a Comment

Powered by Blogger.