Search

Tumbuh Rata-rata 5%, Pondasi Ekonomi RI Makin Kuat

loading...

JAKARTA - Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menyatakan, setelah 73 tahun merdeka, Indonesia telah menjadi negara berpendapatan menengah dengan pondasi ekonomi yang semakin kuat dan kokoh.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, ekonomi Indonesia selama 7 tahun terakhir tumbuh rata-rata 5,4% per tahun.

"Momentum pertumbuhan tersebut dapat terjaga, sebagaimana terlihat juga dari pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2018 sebesar 5,1% yang merupakan angka tertinggi pada kuartal I selama 3 tahun terakhir," ujarnya di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Darmin menjelaskan, perekonomian global masih dalam kondisi penuh ketidakpastian dan bergerak menuju keseimbangan baru, sehingga Indonesia harus memperhatikan kondisi tersebut.

"Maka untuk mencapai target-target pembangunan nasional, program-program saat ini dan ke depannya dirancang untuk tidak hanya mengejar pertumbuhan yang tinggi semata," katanya.

Pertumbuhan itu, kata Darmin, ditujukan untuk menjaga stabilitas dan kesinambungannya pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, didukung inflasi yang rendah dalam 3 tahun terakhir.

"Realisasi inflasi tahunan setelah berhasil dijaga pada rentang sasaran, masing-masing di level 3,35% pada 2015, 3,02% pada 2016 dan 3,61% pada 2017," katanya.

Bahkan, Darmin menambahkan, realisasi inflasi pada hari besar keagamaan nasional tahun ini tercatat sebesar 0,59% month to month (mtm) atau yang terendah dalam 7 tahun terakhir.

"Pencapaian tersebut merupakan buah sinergi antara pemerintah, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, Bank Indonesia juga Otoritas Jasa Keuangan. Selain inflasi yang rendah dan stabil, pertumbuhan ekonomi juga semakin berkualitas seperti tercermin dari membaiknya berbagai indikator sosial," pungkasnya.

(ven)

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1325340/33/tumbuh-rata-rata-5-pondasi-ekonomi-ri-makin-kuat-1532607922

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tumbuh Rata-rata 5%, Pondasi Ekonomi RI Makin Kuat"

Post a Comment

Powered by Blogger.