Search

Konsep Human to Human bank bjb Tingkatkan Bisnis Nasabah

loading...

BANDUNG - "Bisnis yang saya dan keluarga jalani tumbuh berkembang bersama bank bjb sejak tahun 1978. Ketika itu nama bank bjb masih Bank Jabar. Alasan kenapa ikatan kami berjalan begitu lama, sebenarnya sangat sederhana. Itu karena bank bjb begitu dekat dengan nasabah," ujar salah satu debitur bank bjb Kantor Cabang Pembantu Pasirkaliki, Fitri Kurniati, beberapa waktu lalu.

Fitri adalah seorang ibu dari dua orang anak yang dipercaya melanjutkan bisnis keluarga di bidang pengadaan barang untuk kebutuhan instansi, baik pemerintah maupun swasta. Di tangan Fitri, warisan bisnis tersebut berhasil dikembangkan dengan memperluas jaringan ekspansi ke bidang usaha lain, seperti general trading, publikasi, event organizer, serta penyedia jasa rekrutmen dan outsourching pegawai.

Mayoritas klien wanita lulusan Fakultas Hukum Universitas Parahyangan tersebut, banyak berasal dari instansi pemerintah daerah, perguruan tinggi, serta rumah sakit yang tersebar di wilayah Jawa Barat, seperti Banjar, Ciamis, Garut, Subang, kawasan Bandung Raya dan lainnya. 

Hebatnya, serangkaian aktivitas bisnis tersebut dijalankan Fitri ketika masih berusia di bawah 30 tahun. Tidak mengherankan  citra dan kapabilitas Fitri di hadapan klien sempat diragukan lantaran faktor usia yang belum dipandang matang. Namun berkat bantuan teknis dan kemampuan finansial yang dimiliki bank bjb membuat aktivitas bisnis Fitri menjadi lebih mudah. Fitri tidak perlu lagi mengetuk pintu-pintu instansi untuk mendapatkan proyek. Pekerjaan datang dengan sendirinya berkat track record positif Fitri dan nama besar bank bjb.

"Aktivitas saya sangat terbantu oleh bank bjb. Ketika saya membutuhkan bantuan dana, respon kerja dari pegawai bank bjb sangat cepat dan prosedurnya juga mudah. Walau sebenarnya saya tahu di belakang itu semua, mereka (pegawai bank bjb) dibuat sangat sibuk," cetus Fitri, tersenyum.

Tidak hanya cepat dan mudah. Pendekatan nasabah yang diterapkan oleh bank bjb mengedepankan konsep human to human. Artinya, sisi humanis dan emosional menjadi fokus utama pelayanan karena merupakan salah satu poin dasar dari budaya perusahaan. 

"Pegawai bank bjb sangat ramah dan nyaman diajak bicara. Hubungan kami juga begitu dekat, baik secara pertemanan maupun bisnis. Artinya, tetap profesional karena dapat memisahkan antara hubungan kerja dan pertemanan. Ini saling menguntungkan," ujar Fitri.

Penerapan konsep human to human tetap menjunjung tinggi integritas dan objektivitas yang bertanggungjawab. Salah satu bukti nyata ditunjukkan melalui pendirian Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) sebagai kepanjangan tangan dari Komisi Pemberantasan Korupsi di tubuh organisasi bank bjb.

"Harus dekat dengan nasabah. Tapi tetap menjaga integritas sebagai bankir yang profesional. Salah satu core business bank bjb yaitu business to human dengan menggunakan pendekatan human to human. Intinya capai target dengan enjoy, untung, aman dan selamat," papar Direktur Utama bank bjb, Ahmad Irfan beberapa waktu lalu.

Konsep human to human tidak hanya diterapkan dalam hubungan komunikasi, tapi juga direalisasikan dalam bentuk program serta layanan produk. Program rutin tahunan bertajuk Perjalanan Religi yang memberangkatkan umrah ratusan debitur setia bank bjb ke tanah suci Mekah dapat dijadikan contoh.

Program tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan loyalitas nasabah dan telah dilakukan rutin sejak tahun 2015. Pada  2018, bank bjb berkesempatan memberangkatkan 175 nasabah muslim. Sementara untuk pemenang undian debitur nonmuslim, bank bjb menyediakan perjalanan ke hollyland. Beberapa tujuan di antaranya perjalanan menuju Betlehem bagi pemeluk Nasrani, Sungai Gangga di India untuk Hindu dan Nepal bagi penganut Budha.

Direktur Operasional bank bjb, Fermiyanti, menuturkan, program ini merupakan bentuk apresiasi bank bjb kepada nasabah kredit konsumer. "Diharapkan dapat meningkatkan engagement antara bank bjb dengan nasabah. Membuktikan bahwa kami menyentuh nasabah dengan konsep human to human," kata Fermiyanti.  

Sementara dari sisi produk, bank bjb menawarkan beberapa produk unggulan yang hadir berkat adanya kebutuhan dari masyarakat, seperti bjb Tabungan Samsat atau T-Samsat. Dalam realisasinya T-Samsat mempermudah nasabah dalam membayar pajak kendaraan bermotor dan merupakan implementasi dari konsep human to human. 

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1323293/77/konsep-human-to-human-bank-bjb-tingkatkan-bisnis-nasabah-1532004161

Bagikan Berita Ini

Related Posts :

0 Response to "Konsep Human to Human bank bjb Tingkatkan Bisnis Nasabah"

Post a Comment

Powered by Blogger.