Search

Branding pariwisata NTB "Friendly Lombok dan Pesona Sumbawa" diluncurkan

Mataram (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat meluncurkan "Friendly Lombok dan Pesona Sumbawa" sebagai branding Pesona Indonesia, Rabu.

Wakil Gubernur NTB H Muh Amin, mengatakan branding sangat penting untuk meningkatkan citra dan daya tarik destinasi wisata daerah, sehingga makin dikenal turis mancanegara.

"Karena bagaimanapun dengan tumbuh berkembangnya industri pariwisata di NTB, akan mampu untuk menumbuhkembangkan ekonomi kreatif dan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Diakui Wagub, sektor pariwisata telah berkontribusi nyata untuk membuka lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan menurunkan ngka kemiskinan. Karenanya, pemerintah pusat dan daerah terus bersinergi mengembangkan sektor ini sebagai prioritas utama.

Karena itu, semua ikhtiar yang pernah dilakukan tentu harus didukung oleh semua pihak.

Wagub juga memaparkan, potensi pariwisata di pulau Sumbawa tidak kalah dengan pulau lombok. Namun penanganan dan promosinya, menurut perlu disesuaikan dengan potensi lokal yang dimiliki.

"Sosialisasi branding ini bagus juga, ketika kita sama sama mau memperkuat sehingga tidak terjadi disparitas atau kesenjangan," jelasnya.

Muhammad Amin menegaskan, untuk membangun pariwisata yang maju, Peran kepala daerah disini sangat penting.

"Kepala daerah harus pro aktif dan pro investasi dalam berbagai kebijakan-kebijakan yang ada," ucapnya.

Ia menuturkan, tugas kepala daerah adalah bekerja sama dengan dewan perwakilan rakyat (DPRD), merumuskan program program pembangunan pariwisata yang baik. Sedangkan pemerintah provinsi fungsinya tidak lebih dari fasilitator, dinamisator, motivator, dan juga regulator sebab yang mengeksekusi nantinya adalah kabupaten/kota. Hal ini nantinya akan menjadi motivasi bagi kepala daerah dan pelaku pariwisata," terang Amin.

Tidak hanya itu, kata Wagub meminta untuk perkuat atraksi-atraksi, infrastruktur, aksesibilitas, dan transportasi, karena hal inilah yang menjadi tugas dari pada pemerintah daerah dan pemerintah pusat," tegasnya.

Branding Pesona Indonesia adalah Program Kementerian Pariwisata untuk memperkenalkan keragaman dan keindahan Pariwisata Indonesia di kancah internasional dengan mempromosikan daya tarik potensi unggulan pariwisata tiap-tiap daerah.

Dalam sosialisasi branding itu, NTB mengangkat daya tarik wisata halal dengan Lombok Friendly dan Pesona Sumbawa sebagai branding.

Diharapkan melalui program ini, daya tarik dan arus kunjungan wisatawan nasional dan internasional ke NTB akan mencapai target 3 juta orang atau lebih.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA2017

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Lagi Branding pariwisata NTB "Friendly Lombok dan Pesona Sumbawa" diluncurkan : http://ift.tt/2tf3lxW

Bagikan Berita Ini

Related Posts :

0 Response to "Branding pariwisata NTB "Friendly Lombok dan Pesona Sumbawa" diluncurkan"

Post a Comment

Powered by Blogger.