Search

Ribuan warga Jeneponto semarakkan gerak jalan sehat

Jeneponto, Sulsel (ANTARA News) - Ribuan warga Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selaan, menyemarakkan jalan sehat bersama BUMN Hadir untuk negeri sekaligus sebagai puncak HUT ke-73 RI di lapangan Pasamaturukang, kabupaten setempat, Minggu.

Para peserta start dari lapangan Pasamaturukang dan?berjalan kaki menempuh jarak sekitar lima kilometer dengan rute memutar ke arah Polres Jeneponto, hingga mengitari rumah jabatan bupati.

Di tengah perjalanan sekitar seratus anak berpakaian warna merah bertuliskan BUMN Hadir untuk Negeri, HUT ke-73 RI. Peserta juga dihibur dengan tarian Ganrang Bulo.

Peserta yang didominasi kaum ibu dan anak-anak itu ada juga yang mengambil jalan pintas, tidak sesuai rute. Peserta jalan sehat finis sama dengan start.

"Jalan sehat ini, selain bagus buat kesehatan juga meramaikan wilayah Jeneponto, karena jarang ada kegiatan begini. Siapa tahu dapat motor atau hadiah hiburan, seperti kulkas atau mesin cuci," kata salah seorang peserta, Irmawati.

Panitia pelaksana jalan sehat telah menyiapkan hadiah utama satu unit sepeda motor, hadiah hiburan, seperti kulkas, mesin cuci, dan hadiah menarik lainnya yang diundi.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian BUMN kepada masyarakat sekaligus sebagai bentuk penyaluran dana CSR," ujar Deputi Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN, Hamra di sela pelepasan peserta jalan sehat.

Hamra didampingi Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar beserta jajaran pejabat BUMN, seperti Direktur Produksi Semen Indonesia sekaligus Komisaris PT Semen Tonasa, Benny Wendi, perwakilan PT IKI dan PT KIMA serta staf PT Semen Tonasa.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan rangkaian dari program BUMN Hadir untuk Negeri yang dilaksanakan bergantian setiap tahun. Dan, tahun ini dipusatkan di Kabupaten Jeneponto, Sulsel.

"Jadi program BUMN ini dilaksanakan bergantian dan tahun ini tidak dilaksanakan di ibu kota provinsi, sebab kami ingin keberadaan BUMN bisa dikenal masyarakat secara luas," paparnya.

Selain itu, BUMN merupakan milik rakyat, sehingga perlu disinergikan agar masyarakat mengetahui akan eksistensi perusahaan milik negara.

"BUMN milik bersama, kami ditugaskan untuk bersama-sama rakyat sebagai bagian dari tujuan BUMN Hadir untuk Negeri. Fungsi BUMN memberikan kontribusi pada negara serta bertanggung jawab kepada masyarakat untuk menyukseskan pembangunan bersama pemerintah pusat dan daerah," katanya.

Kegiatan ini merupakan bentuk penyaluran CSR kepada masyarakat Jeneponto, termasuk pemberian bantuan sosial lainnya kepada mereka yang membutuhkan.

"Kegiatan jalan sehat ini bagian dari CSR. Kami menitipkan kepada jajaran direksi serta masyarakat sama-sama menjaga BUMN untuk membantu kita," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menyampaikan rasa terima kasihnya kepada jajaran direksi BUMN yang hadir pada acara tersebut.

Menurutnya, Jeneponto punya banyak potensi untuk dikembangkan, sebab daerah ini kaya akan perikanan, termasuk rumput laut dan minyak. Sedangkan di daerah dataran tinggi kaya akan perkebunan seperti jagung, beras dan sayur mayur.

Selain itu, potensi lain seperti Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dan pembangkit listrik lainnya di Jeneponto dikelola investor yang dibeli PT PLN persero menandakan daerah ini semakin maju dan terus mengejar ketertinggalannya.

"Masyarakat Jeneponto belum mahir berbisnis, tetapi ke depan saya yakin akan dapat meningkatkan kesejahteraannya. Kami berharap program ini bisa berkelanjutan," ucapnya.

Tidak hanya gerak jalan sehat, BUMN Hadir untuk Negeri melalui PT Semen Indonesia sebagai koordinator pelaksana telah menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat di salah satu derah di Jeneponto.

Pelaksanaan kegiatan lainnya adalah Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan peserta dari Provinsi Sumatera Barat. Sedangkan peserta dari Sulsel dikirim ke Sumatera Barat untuk mengenal wawasan budaya dan potensi lainnya di provinsi itu.

Selain itu, BUMN Hadir untuk Negeri juga menyelenggarakan upacara bendera yang dipusatkan di lapangan Bontoramba, Jeneponto.

Kegiatan ini merupakan instruksi dari Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri 2018 yang dilaksanakan serentak secara nasional.

Untuk wilayah Sulsel, PT Semen Indonesia bertindak sebagai koordinator pelaksanaan BHUN 2018, bekerja sama dengan PT Kawasan Industri Makassar (KIMA) dan PT Industri Kapal Indonesia (IKI).

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Lagi Ribuan warga Jeneponto semarakkan gerak jalan sehat : https://ift.tt/2MX2gp3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ribuan warga Jeneponto semarakkan gerak jalan sehat"

Post a Comment

Powered by Blogger.